Ingar Bingar Transfer Musim Panas di Januari

Foto: @memphisdepay

Kontrak beberapa pemain top bakal habis pada akhir musim ini. Apakah mereka benar akan pergi atau justru bakal bertahan?

Januari tinggal menghitung hari. Segala keputusan terkait masa depan pemain bisa terjadi pada bulan ini, entah itu memperpanjang masa bakti atau pergi dengan bebas pada akhir musim.

Lionel Messi jadi salah satu pemain yang nasibnya mungkin ditentukan di Januari. Messi dikabarkan belum berbicara dengan Barcelona soal kontraknya yang akan habis pada akhir musim ini.

Jika tak lanjut di Barcelona, Messi diisukan akan reuni dengan Pep Guardiola di Manchester City. Meski kemungkinannya amat kecil, tapi opsi ini yang paling rasional mengingat gaji Messi terbilang cukup tinggi.

David Alaba jadi nama lain yang kontraknya habis pada akhir musim ini. Dengan usia yang baru memasuki 28 tahun dan kemampuan bermain di banyak posisi, tak mengherankan jika ia jadi buruan banyak tim, seperti Manchester United dan Real Madrid.

Chairman Bayern, Karl-Heinz Rummenigge, mengatakan bahwa pihaknya telah berusaha maksimal untuk mempertahankan Alaba tersebut. Namun, menurut Rummenigge, keputusan pemain asal Austria untuk hijrah di akhir musim ini sudah bulat dan tak bisa diganggu gugat.

Messi dan Alaba hanya dua dari sekian nama yang kontraknya mungkin akan berakhir di Januari. Siapa saja nama lain yang berpeluang pergi dengan gratis di akhir musim ini?

Gianluigi Donnarumma

Foto: @gigiodonna99


Gianluigi Donnarumma menjadi satu-satunya kiper papan atas yang berada di daftar ini. Memang, belum ada kata sepakat, tapi menurut agen Donnarumma, Mino Raiola, kliennya hanya butuh sedikit waktu untuk setuju dengan kontrak yang disodorkan Milan.

Alasan Donnarumma memilih bertahan di Milan adalah kesempatan untuk mendapatkan status kiper utama Italia di Piala Dunia 2022. Pos kiper inti Italia saat ini sedang panas-panasnya, mengingat penampilan Mattia Perin dan Emil Audero juga tengah menanjak.

Donnarumma sudah memiliki satu bekal yakni membukukan 2,4 penyelamatan per laga. Jika Milan tampil konsisten hingga akhir musim, ia akan mendapatkan satu bekal lain: Pengalaman berlaga di Liga Champions.

Memphis Depay

Baru berusia 26 tahun, dapat bermain di banyak posisi, dan tajam di depan gawang. Siapa yang tidak ingin memiliki Memphis Depay?

Sejak bergabung Olympique Lyon pada musim 2016/17, Depay hampir selalu berkontribusi pada 10+ gol (baik itu lewat gol maupun asis) yang dibukukan oleh tim. Pada musim 2017/18, ia bahkan berkontribusi pada 30+ gol.

Lyon telah setuju untuk melepas Depay dengan harga murah pada bursa transfer musim dingin. Barcelona menjadi nama terkuat karena adanya campur tangan Ronald Koeman. Namun, rencana tersebut tak akan berjalan mudah karena Juventus sudah siap untuk membajak.

Georginio Wijnaldum

Kontrak Georginio Wijnaldum di Liverpool berakhir pada musim panas 2021. Agen Wijnaldum dan Liverpool dikabarkan masih enggan memenuhi keinginan masing-masing pihak. Apakah musim ini jadi tahun terakhir dari pemain asal Belanda tersebut di Anfield?

Secara statistik, Wijnaldum memang tak luar biasa. Namun, perannya di lini tengah tetap penting [Baca: Menghargai Gini Wijnaldum]

Di tengah banyaknya pemain The Reds yang absen seperti sekarang, terlihat bagaimana ia layak disebut sebagai pemain kunci. Ia, bersama Andrew Robertson dan Roberto Firmino, bahkan menjadi pemain Liverpool dengan catatan penampilan terbanyak di Premier League sejauh ini.

Dari rumor yang ada, hanya Barcelona yang disebutkan ingin mendapatkan jasa Wijnaldum. Dengan kemungkinan mendapatkan gratis di akhir musim dan gaji yang tak terlalu tinggi (hanya 75 ribu pounds per pekan), besar kemungkinan musim depan akan ia jalani di Camp Nou.

Hakan Calhanoglu


Penampilan apik AC Milan sejauh ini tak bisa dilepaskan dari peran besar yang diberikan oleh Hakan Calhanoglu. Jadi, tak mengherankan apabila banyak klub menawarinya bergabung mengingat kontraknya berakhir akhir musim ini.

Calhanoglu tampil kurang memuaskan dalam tiga musim sebelumnya. Namun, seiring dimulainya musim ini, perannya mulai terlihat. Sejauh ini, ia membukukan 3,8 umpan kunci per pertandingan, yang sekaligus menjadikannya pemain dengan rasio umpan kunci terbanyak di Serie A.

Meski banyak yang menyebutkan bahwa besar kemungkinan ia akan bertahan, tapi masa depan Calhanoglu masih mengawang. Manchester United disebut paling berminat terhadap jasanya, meski ada pula yang menyebutkan bahwa Juventus dan Paris Saint-Germain juga siap bersaing.

[Baca: Mengapa Calhanoglu Penting untuk Milan yang Sekarang]

Arkadiusz Milik

Dari sekian nama yang ada di daftar ini, barangkali Arkadiusz Milik jadi pemain dengan kemungkinan pergi secara bebas tertinggi. Pasalnya, selain berakhirnya kontrak di akhir musim, pemain 26 tahun ini tak didaftarkan oleh klubnya, Napoli, di Serie A dan Europa League musim ini.

Milik sebenarnya tak buruk-buruk amat. Dua musim terakhir, ia selalu mencetak 10 gol lebih untuk Partenopei. Bahkan, per musim lalu, pemain asal Polandia ini membukukan rasio mencetak gol per 135 menit.

Atletico Madrid menjadi calon terkuat untuk mendapatkan Milik pada akhir musim nanti. Selain Atletico, ada nama Tottenham Hotspur dan Juventus yang juga diklaim berminat terhadap mantan pemain Ajax tersebut.

Honorable Mentions

Di luar enam nama yang disebutkan, ada beberapa pemain lain yang kontraknya akan habis per akhir musim ini. Beberapa di antaranya adalah Sergio Aguero, Angel Di Maria, Florian Thauvin, Julian Draxler, dan Sergio Ramos.

Di Maria (32) dan Ramos (34) berpeluang pergi meninggalkan klub masing-masing karena terkendala usia dan gaji yang tinggi. Sementara itu, Aguero disebut memiliki kemungkinan untuk bermain di klub masa kecilnya, Independiente, atau klub Major League Soccer, Inter Miami.

Kondisi berbeda dihadapi oleh Paris Saint-Germain dengan Draxler dan Olympique Marseille dengan Thauvin. Kedua pemain tersebut dikabarkan telah berbicara dengan klub masing-masing dan besar kemungkinan akan pergi ke Premier League. 

Terima kasih telah menjadi pembaca setia The Flanker

Jika kamu menikmati konten dari The Flanker, kini kamu bisa memberikan dukungan dengan mentraktir kami via Trakteer. Dengan sistem traktir minimal Rp20.000, kamu bisa terus mendukung The Flanker menghasilkan konten-konten berkualitas dan tanpa iklan yang mengganggu.