Daftar The Flanker Academy

Dengan mendaftar Rp500.000, kamu akan mendapatkan kelas-kelas seputar konten sepak bola yang dibagikan langsung oleh para pakarnya. Mulai dari bahasa dalam kepenulisan bersama Dea Anugrah, scriptwriting dengan Rossi Finza Noor, penulisan opini oleh Ilham Zada, analisis taktik bersama Ruang Taktik, riset dalam sepak bola dengan Dex Glenniza, hingga personal branding bersama Coach Justin.

Sign up now

Reus untuk Dortmund, Dortmund untuk Reus

Foto: Twitter @Woodyinho

Reus acap ditinggal tandemnya di lini depan, tetapi tetap berpendar menjadi dirinya sendiri.

Marco Reus adalah anomali. Ketika para rekan sejawatnya pergi meninggalkan Borussia Dortmund, Reus memilih untuk tetap setia. Memang tak banyak trofi yang didapatkan Reus bersama Die Borussen, tetapi kesetiaannya membuat namanya mendapat tempat di hati publik Signal Iduna Park.

"Dortmund adalah klub saya. Saat masih kecil, saya memiliki mimpi bermain dengan seragam hitam dan kuning," ucap Reus.

Reus lahir di Dortmund. Tak heran, ia mengawali karier sepak bolanya di Post-SV Dortmund pada 1994. Baru setahun kemudian Reus bergabung dengan tim muda Borussia Dortmund.

Keinginannya untuk terus mengenakan seragam hitam kuning khas Dortmund tak berjalan mulus. Tak kunjung mendapatkan menit bermain membuat Reus kudu hijrah dari Dortmund menuju RW Ahlen.

"Sangat menyakitkan bagi saya untuk pindah. Ketika kamu menghabiskan sebagian waktu muda di satu klub, kamu ingin melangkah ke jenjang berikutnya. Apalagi kamu mendukung klub tersebut," ucap Reus kepada Guardian.

Reus mendapatkan banyak menit bermain di RW Ahlen. Debut Reus di Bundesliga juga didapatkan Reus saat berseragam Ahlen. Melawan Frankfurt di musim 2008, Reus tampil dan membawa timnya menang 2-1.

Bakat dan skilnya yang mumpuni itu dicium oleh pemandu bakat Borussia Moenchengladbach. Musim 2009, Reus resmi berseragam Gladbach. Tampil reguler di ajang Bundesliga didapatkan Reus saat berseragam Gladbach.

Reus terus berkembang. Pada musim 2010/11, Reus menjadi sosok penting aliran serangan Gladbach. Penyerang lubang dan winger kiri serta kanan jadi posisi yang diemban Reus. Kebebasannya bermain dan berkreasi membuatnya jadi pusat serangan timnya kala itu. Catatan sembilan assist dibikin Reus untuk Gladbach di musim tersebut.

Reus menjadi kunci permainan Gladbach. Akan tetapi, keinginannya kembali ke Dortmund untuk membela klub jagoannya itu selalu ada di dalam hatinya. Kesempatan untuk kembali ke Dortmund didapatkan Reus pada musim 2012/13. Reus diproyeksikan sebagai pengganti Shinji Kagawa yang hijrah menuju Manchester United.

Musim perdana dilalui Reus dengan sangat baik. Di bawah panduan Juergen Klopp, Reus menjadi trio yang menakutkan bersama Robert Lewandowski dan Mario Goetze di lini serang Die Borussen.

Ada torehan 19 gol dan 16 assist di semua kompetisi yang dikemas Reus. Ia juga mampu membawa Dortmund melaju ke final Liga Champions sebelum dikalahkan Bayern Muenchen di partai puncak.

****

Skill dan kemampuan olah bola Reus memang tak perlu diragukan lagi. Namun, Reus memiliki masalah fisik dan itu yang membuatnya pernah diprediksi tak bisa sukses besar di dunia sepak bola profesional.

Cedera memang acap menghantui Reus. Bahkan, cedera harus mengubur mimpinya untuk bermain membela Jerman di Piala Dunia 2014.

Musim tersebut, Reus tampil mengesankan bersama Dortmund. Kemasan 16 gol dan 14 assist diukir Reus dalam 30 penampilan Bundesliga.

Kiprah yang cemerlang membuat Joachim Loew -pelatih Jerman saat itu- memasukkan namanya ke dalam tim untuk mentas di Piala Dunia. Namun, sebuah tekel di uji tanding melawan Armenia mengubur mimpi Reus. Ia menderita cedera ankle dan harus absen di Piala Dunia.

Jerman tampil mengesankan di Piala Dunia tersebut. Die Mannschaft keluar sebagai juara usai mengalahkan Argentina di final.

Saat pengalungan medali, Mario Goetze yang merupakan rekan setim Reus mengenakan jersi bernomor punggung 21 dengan nama Reus. Itu merupakan tribute yang dilakukan Goetze kepada Reus yang harus absen meski tak bisa menyembuhkan luka karena gagal tampil di Piala Dunia.

Cedera masih mengintai Reus di musim 2014/15. Mungkin, musim itu menjadi yang paling parah untuk Reus karena banyak menghabiskan waktu di ruang perawatan. Total, Reus cuma bermain sebanyak 20 kali di Bundesliga musim tersebut dan cuma sanggup menorehkan tujuh gol.

Kegagalan main di Piala Dunia hingga cedera yang timbul cukup lama tak mengganggu kinerja dan permainan Reus di atas lapangan. Musim 2018/19, Reus menjelma menjadi sosok yang tajam dan andalan di lini depan Dortmund.

Pada musim tersebut, Reus membuat 17 gol dan delapan assist di Bundesliga. Reus juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Bundesliga di musim tersebut.

****

Borussia Dortmund bisa menjadi kompetitor Bayern di Bundesliga musim ini. Reus tetap menjadi sosok penting pasukan Lucien Favre untuk bisa mengganggu dominasi Die Roten.

Bersama Erling Haaland, Reus bahu-membahu mendulang banyak gol untuk Dortmund. Sampai saat ini, Reus sudah mendulang 12 assist di Bundesliga berada di bawah Thomas Mueller dan Christopher Nkunku.

Apa yang membuat Reus bisa berpengaruh musim ini?

Salah satu jawabannya adalah kondisinya yang tak diganggu cedera. Reus hampir selalu bermain untuk Dortmund di Bundesliga musim ini. Ia cuma absen lima kali karena cedera.

Lalu, bermain di belakang penyerang juga membuat kreativitas Reus terbuka. Dengan Haaland yang apik memanfaatkan umpan daerah, Reus bisa memanjakan penyerang Norwegia itu.

Selain 12 assist yang sudah dibuat, Reus juga mencatatkan rata-rata 1,8 umpan kunci per 90 menit. Angka itu menjadikan Reus pemain dengan catatan umpan kunci terbesar di Dortmund. Catatan umpan progresif Reus per laganya juga tinggi yakni 4,18. Itu jadi yang paling tinggi dibanding musim-musim sebelumnya.

****

Reus kembali kehilangan tandemnya untuk musim depan. Ya, Erling Haaland sudah pasti tak akan membela Dortmund dan itu artinya Reus akan kembali kehilangan partner di lini serang. 

Namun, ini bukan yang pertama Reus kehilangan tandem. Robert Lewandowski, Pierre-Emerick Aubameyang, hingga Mario Goetze pernah datang lalu pergi untuk jadi rekan duet Reus. Akan tetapi, Reus tetap berpendar menjadi diri sendiri.

Daftar The Flanker Academy

Dengan mendaftar Rp500.000, kamu akan mendapatkan kelas-kelas seputar konten sepak bola yang dibagikan langsung oleh para pakarnya. Mulai dari bahasa dalam kepenulisan bersama Dea Anugrah, scriptwriting dengan Rossi Finza Noor, penulisan opini oleh Ilham Zada, analisis taktik bersama Ruang Taktik, riset dalam sepak bola dengan Dex Glenniza, hingga personal branding bersama Coach Justin.

Sign up now